Kader Muda Ramai – Ramai Belajar Menulis

dikdasmenwiyung

Kader Muda Ramai - Ramai Belajar Jurnalis
Ayahanda Rosdiansyah selaku Peneliti Senior JPIP saat mengisi materi kedua

dikdasmenwiyung.com – “Dominasi peran pemuda dalam membangun negeri merupakan hal penting untuk bangsa, memlalui karya penulisan, kita dapat menuangkan ide dan gagasan agar bisa dipahami oleh semua orang” NA. Kaysan

Dakwah Mencerahkan Gerakan Menggembirakan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wiyung mengadakan sarasehan dan pelatihan kepenulisan dengan tema “Tuangkan Ide Lewat Pena – Peran Pemuda Dalam Membangun Negeri”. Acara berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah Cabang Wiyung pada Sabtu (21/10).

Sarasehan dan pelatihan kepenulisan ini juga dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang. Dengan semarak hari Sumpah Pemuda, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Wiyung memberikan bekal tatacara kepenulisan kepada para peserta yang di ikuti oleh kader IPM Wiyung. Materi yang diberikan juga memberikan pemahaman tentang kebangsaan dan peran Muhammadiyah dan ortom dalam membangun negeri dimulai dari dunia literasi khususnya oleh anak muda di Muhammadiyah.

Membuka acara, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung Suri Marzuki berpesan kepada peserta pelatihan ini. ”Jangan mudah menyerah, tetap semangat dalam menulis,” tegasnya, sebab dengan kita menulis ide yang kita miliki dapat tersalurkan dan dipahami oleh banyak orang. Hal yang sama juga di sampaikan oleh Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Wiyung Nourmaharits, ciri khas anak muda di Muhammadiyah harus memiliki ide dan gagasan yang dapat dituangkan dalam bentuk karya tulisan sebab dunia literasi dan kepenulisan merupakan hal yang menarik jika dipahami secara serius.

Kedepan sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah khususnya yang tergabung dalam Organisasi Otonom (Ortom) harus memiliki tiga ciri khas seperti apa yang di sampaikan oleh H.O.S. Tjokroaminoto anak muda harus Murni Tauhidnya, Tinggi Ilmunya, Pintar Siasatnya artinya pelatihan yang di adakan oleh PCPM Wiyung ini merupakan salah satu bentuk bagaimana kita sebagai anak muda memahami dan terus mencoba untuk menambah kelimuan dalam segi literasi dan kepenulisan melalui tema kebangsaan.

Materi pertama dibawakan Faozan Amar, selaku staf khusus Menteri Sosial RI. beliau menyampaikan materi Tips Menulis Artikel Opini di Media Massa. “Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah,” kata Faozan membuka materi.

Menurut dia, artikel opini bukanlah karya ilmiah murni. “Namun, dalam pembuatannya artikel
opini tetap harus disadari oleh beberapa data dan fakta,” terangnya.

Pada materi kedua, Ayahanda Rosdiansyah selaku Peneliti Senior JPIP menjelaskan bahwa kita harus suka menulis. Menulis yang kita awali dari keadaan sekitar dan lingkungan atau peristiwa apa yang sedang terjadi, penulisan ini juga bisa dilakukan di notebook kita sendiri. Kedepan disamping kita membiasakan diri menulis sebagai narasumber Bapak Rosdiansyah juga mengajak kita unuk membiasakan diri membaca buku. Bacaan buku ini boleh juga berkaitan tentang sejarah,sosial, novel ataupun sastra sebab dengan kebiasaan kita dengan membaca kedepan rasa keinginan kita untuk menulis akan menjadi motivasi yang baik bagi kita. Salah satu tips yang diberikan, “Setelah shalat Subuh, menulislah, minimal dua paragraf, nanti bakal terbiasa buat menulis,” pesannya ayahanda Rosdiansyah.

Sementara itu, pada materi ketiga disampaikan Agung Hari Baskoro tentang Menulis Riang Gembira. Dia menjelaskan tentang cara menulis berita dan apa saja peran pers dalam dunia jurnalistik. Pada materi ini, pemateri menyampaikan pesan bahwa dalam menulis dan peran sebagai jurnalis kita diminta untuk sebisa mungkin dapat memberikan suatu karya tulisan yang bisa segera dibaca oleh publik yang tentunya cara menulisnyapun juga harus di imbangi dengan fakta yang benar dari adanya suatu peristiwa yang telah terjadi. Kedepan pelatihan-pelatihan seperti ini bisa terus diadakan kembali khususnya sebagai tambahan ilmu untuk anak muda di persyarikatan Muhammadiyah Wiyung.

Kaysan

Leave a Comment

 

Dikdasmen dan PNF Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung

Kontak Kami

Sekretariat: Jalan Mastrip No. 174, Wiyung, Surabaya 60299

Telp. 031-7668370

Email: dikdasmen.wiyung@gmail.com

Open chat
1
Scan the code
Assalamualaikum, Wr. Wb

Ada yang bisa dibantu?