SMA Muhammadiyah 9 Surabaya Gelar OJT di Berbagai Bidang Usaha

dikdasmenwiyung

SMA Muhammadiyah 9 Surabaya Gelar OJT di Berbagai Bidang Usaha

Surabaya, dikdasmenwiyung.com – OJT (On The Job Training) atau yang dikenal dengan istilah magang biasanya identik dengan SMK, namun tidak dengan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya yang merupakan satu-satunya sekolah islam yang berbasis entrepreneur di kota Surabaya. Sekolah ini menerapkan program on the job training (OJT) atau bisa disebut juga dengan kegiatan magang, Rabu (30/8). Program inilah yang menjadi pembeda antara SMA MuSe (Muhammadiyah Sembilan) dengan SMA pada umumnya.

Dalam program OJT tahun ini, siswa-siswi SMA Muhammadiyah 9 Surabaya ditempatkan di beberapa perusahaan, antara lain Rumah Sakit Wijaya, Kafe Steak Q5 ketintang dan Driyorejo, toko buku ATK mart, PT. Sinergi Makmur Sentosa, dan Hotel Max One Tidar. Mereka menjalani magang selama satu bulan penuh.

Tujuan dari program OJT ini untuk mengenalkan siswa-siswi pada dunia usaha secara nyata, sekaligus untuk memotivasi mereka agar memiliki jiwa entrepreneur. Melalui program ini, siswa-siswi akan mendapatkan pengalaman langsung dalam bekerja di perusahaan. Mereka akan belajar mengenai berbagai hal, mulai dari perencanaan, proses produksi, pemasaran, hingga pengelolaan manajerial yang baik dalam setiap perusahaan/tempat usaha.

“Kami ingin siswa-siswi MuSe memiliki jiwa entrepreneur yang kuat sesuai dengan basis dari sekolah kami yakni the Islamic Entrepreneur School,” kata Kepala SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, Rina Nduruwati, S.Pd.

“Sehingga nantinya setelah lulus, harapan kami mereka memiliki bekal pengalaman (soft skill) yang baik dan gambaran yang lebih jelas tentang dunia usaha, serta paham tentang cara menjadi seorang entrepreneur yang sukses.” Imbuhnya.

Salah satu siswa yang mengikuti program OJT, Kayla Indira, mengaku sangat senang bisa mengikuti program ini. Ia mengatakan bahwa program OJT ini sangat bermanfaat baginya.
“Saya jadi tahu bagaimana rasanya bekerja di perusahaan,” kata Kayla. “Saya juga belajar banyak hal baru, seperti bagaimana cara melayani pelanggan dan bagaimana cara bekerja sama dengan tim.”

Program OJT ini disambut baik oleh kalangan dunia usaha, walaupun masih ada yang meragukan, “ini SMA kok ada magangnya ya, tapi ini program yang bagus”, ungkap Manajer HRD Rumah Sakit Wijaya, Freddy Anto.

Publish Resmi klikmu.co

Leave a Comment

 

Dikdasmen dan PNF Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung

Kontak Kami

Sekretariat: Jalan Mastrip No. 174, Wiyung, Surabaya 60299

Telp. 031-7668370

Email: dikdasmen.wiyung@gmail.com

Open chat
1
Scan the code
Assalamualaikum, Wr. Wb

Ada yang bisa dibantu?